4 Penyebab Anak Suka Berbohong

Salah satu masalah yang dihadapi orang tua zaman sekarang adalah anaknya yang suka berbohong.
Mengapa anak suka berbohong? Mungkin kesalahan orang tua nya sendiri.
disini saya akan jelaskan mengapa anak anak suka berbohong.

1.Orang tua berbohong
anak paling mudah meniru, apa yang dilakukan orang tua nya akan ditiru. Seribu kata kata orang tua bisa dilupakan oleh anak begitu saja, tetapi satu saja kebiasaan orang tua akan menancap dalam perilakunya.
Berbohong itu tidak apa apa, yang lebih berbahaya, jika orang tua biasa berbohong. Semakin sering, semakin anak akan terbiasa dengan kebohongan.

2.Orang tua mengajari anaknya berbohong
Entah sadar atau tidak, ada orang tua yang mengajari anaknya agar berbohong. misalnya ketika ada tamu yang tidak dikehendaki oleh orang tua, orang tua menyuruh anak untuk mengatakan, "Papa Mama sedang tidak ada," dan sejenisnya. Hal ini akan sangat fatal membentuk jiwa anak biasa berbohong.

3.Anak dihukum karena jujur
Ada anak yang semula jujur menjadi berlatih berbohong karena perlakuan orang tua yang menghukumnya saat ia jujur. misalnya ada anak memecahkan vas bunga milik orang tuanya, ia dimarahi oleh orang tuanya. Ia jujur, ia mengaku berbuat salah, tetapi malah mendapat hukuman. Belajar dari hal tersebut anak bisa berpikir, "kalau saya mengaku, kalau saya jujur, saya pasti kena hukuman". dan akhirnya anak suka berbohong.

4.Orang tua memberi apresiasi saat anak berbohong
Anak suka berbohong karena sewaktu ia pertama kali berbohong, ia justru diapresiasi oleh orang tuanya, misalnya anak membohongi kakaknya, lalu orang tuanya tertawa karena merasa terhibur. Ini yang dianggap apresiasi dan dapat membuat anak suka berbohong

Marilah kita koreksi diri terlebih dahulu sebelum kemudian menanyakan sikap anak kita.

Terima kasih atas kunjungannya, apabila ada kekurangan saya minta maaf dan bisa kritik/saran di komentar.

Post a Comment

0 Comments